Minggu, 22 Juni 2014

MUSIK dan ARSITEKTUR

> Melodi Arsitektur Samuel A. Budiono
Rabu, 30 November 2011

Bagi arsitek Samuel A. Budiono, M.Arch, BSAS, IAI yang merupakan pendiri dan presiden SAMUEL A. BUDIONO & ASSOCIATES, merealisasikan karya arsitektur seperti sebuah melodi musik yang diselaraskan dengan irama bentuk dan harmoni lingkungan. Perpaduan itu terbukti menghasilkan karya-karya yang indah. Melalui karyanya, ia meraih sederet penghargaan seperti People's Choice Award 2011 Winner @ World Architecture Festival & World Festival of Interiors di Barcelona, World Architecture Awards 2009, SIA-Getz Architecture Prize 2008 for Emergent Architecture in Asia, dan Cityscape Architectural Review Awards 2007 di Dubai.
Penghargaan terakhir diterima Samuel A. Budiono untuk karyanya FAVOUR@CENTRAL sebagai the Winning Project at Inside Festival of Interiors 2011. Upacara penghargaan diselenggarakan sebagai puncak acara yang meriah dengan dianugerahkannya penghargaan World Interior of the Year sebagai perayaan penutupan Festival di Barcelona.

Kepada Satulingkar, Samuel A. Budiono yang kini tengah berada di Barcelona, Spanyol, bercerita soal melodi arsitektur dan prestasi arsitek Indonesia di luar negeri.

Anda seorang arsitek sekaligus juga musisi dan komposer, apakah di setiap karya Anda pasti memasukkan unsur melodi?

Unsur dasar musik terdiri dari melodi, harmoni, dan irama, dimana semuanya merupakan kesatuan yang tidak bisa dipecah-pecah untuk membentuk suatu 'musik'. Demikian juga unsur dasar arsitektur juga terdiri dari bentuk, fungsi, dan pola, dimana juga merupakan kesatuan untuk mewujudkan bangunan menjadi suatu 'arsitektur'. Jadi 'arsitektur yang bernyanyi' lebih dari sekedar melodi dalam musik, tapi harus didukung oleh unsur-unsur lainnya berdasarkan suatu konsep yang hakiki, ekspresi yang "original" dan pengetahuan yang mendalam mengenai teknik bangunan.
- See more at: http://satulingkar.com/detail/read/2/225/melodi-arsitektur-samuel-a.-budiono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar